Amanah dan Tanggung Jawab Dalam Pekerjaan

Salah satu bentuk dari akhlak mulia adalah sikap Amanah. Amanah erat kaitan dengan tanggung jawab mengerjakan sebuah pekerjaan hingga selesai sesuai dengan kesepakatan yang pernah dibuat.

Kita seringkali malas dan menunda hingga akhirnya Amanah ini terlalaikan. Bisa jadi telat, bahkan tidak selesai. Kenapa malas ? karena kekurangan atau mungkin kehilangan motivasi.

Penggerak utama manusia dalam berbuat ada dua : 1. Motivasi, 2. Kebiasaan. Hendaknya sikap amanah dijadikan kebiasaan / habit sehingga ketika kita sedang kekurangan atau kehilangan motivasi pun, kita tetap amanah.

Bagi yang belum terbiasa untuk amanah dan tanggung jawab dalam pekerjaan, maka untuk mulai melatih dan membiasakannya adalah dengan menemukan motivasi atau alasan kuat untuk menjalankannya.

Kenapa saya perlu amanah dan tanggung jawab mengerjakan pekerjaan ini hingga selesai ?

Hehe, entahlah, detik ini saya belum menemukan alasan kenapa saya harus menyelesaikan pekerjaan ini.

update 10.47 am

Alasan 1 : Kredibilitas. Kredibilitas erat kaitan dengan keinginan klien untuk kembali kerjasama dengan kita. Artinya, kredibilitas erat kaitan dengan membuka peluang-peluang besar lain. Kalo kamu bikin kaos organisasi dengan bagus dan tepat waktu, sangat mungkin ketika pemimpin organisasi itu jadi mau bikin kaos untuk seluruh cabang seindonesia, mintanya ke kamu. Orang yang puas dengan satu produk atau jasa cenderung untuk promosiin kamu untuk permintaan pekerjaan yang sama.

Alasan 2 : Apa Dari Pekerjaan Ini Bisa Membawa Kebaikan Bagi Banyak Orang ?. Ketika yang kamu kerjakan berpeluang untuk membawa kebaikan bagi orang banyak, maka ketika niatnya karena Tuhanmu, tiap jengkal waktu yang kamu gunakan akan dikonversi jadi kebaikan.

Alasan 3 : Mewarisi Surga Firdaus. Dan orang yang memelihara amanah-amanah (yang dipikulnya) dan janjinya [8]. Dan orang yang memelihara solatnya [9]. Mereka itulah yang akan mewarisi [10], Yang akan mewarisi syurga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya [11]. QS Al Mu'minun 8 - 11

Alasan 4 : Gelar Rasulullah SAW. Salah satu gelar Rasulullah SAW. adalah Al-Amin, artinya dapat dipercaya / jujur.

Alasan 5 : Perintah Jangan Mengkhianati Amanah. ... dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui[27]. QS Al Anfal 27

Trik Menyelesaikan Pekerjaan Agar Lebih Efisien

  • Tentukan prioritas tertinggi yang paling dahulu wajib dikerjakan.
  • Tentukan waktu pengerjaan.
  • Bismillah ketika mulai.
  • Aware dengan apa yang sedang dipikirkan. Aware menghabiskan waktu tanpa tujuan.